Kemunculan Drone Elang Hitam Kreasi Anak Bangsa, Siap Menjaga Nusantara

Pemerintahan lewat Kementerian Penelitian serta Tehnologi, Tubuh Pengkajian serta Implementasi Tehnologi (BPPT), Institus Tehnologi Bandung (ITB), Kementerian Pertahanan, LAPAN serta beberapa Tubuh Usaha Punya Negara (BUMN) tengah meningkatkan pesawat tiada awak atau drone macam Media Altitude Long Endurance (MALE) bernama Elang Hitam.

Drone Elang Hitam ini akan dibuat oleh PT Dirgantara Indonesia (PTDI). Direncanakan, drone yang sudah memperoleh Sertifikat Type dari Indonesia Military Airworthiness Authority (IMAA) ini dapat mengudara untuk Januari 2021.

Drone ini mempunyai beberapa keunggulan. Mencuplik situs BPPT serta PT DI, Jumat (30/10/2020), Elang Hitam mempunyai panjang 8,3 mtr. serta bentangan sayap 16 mtr. dengan kekuatan take off serta landing seputar 700 mtr. dengan kekuatan terbang pada ketinggian 20.000 feet.

Kecepatan maksimal drone ini dapat capai 235 km /jam dengan lama terbang seputar 30 jam.

Drone Elang Hitam dapat dimaksimalkan manfaatnya untuk keperluan surveyllance serta sasaran acquisition yang bisa dipersenjatai dengan kekuatan short take off landing, maksimal endurance yakni sampai 30 jam sasarannya.

Pemakaian drone ini dilaksanakan untuk memberikan dukungan aktivitas intelijen, pemantauan, pengintaian serta penargetan (Intelligence, Surveyllance, Reconnaissance and Sasaraning).

Ingin ketahui semacam apa kemunculan dari drone Elang Hitam itu? Berikut potretnya:

Sasaran Mengudara
Pesawat Udara Nir Awak (PUNA) atau drone macam Media Altitude Long Endurance (MALE) Elang Hitam direncanakan akan mengudara Januari 2021.

Pengembang
Elang Hitam adalah drone yang ditingkatkan satu konsorsium yang menyertakan Tubuh Pengkajian serta Implementasi Tehnologi (BPPT), PT Dirgantara Indonesia, PT LEN, Institut Tehnologi Bandung (ITB), Kementerian Pertahanan, TNI Angakatan Udara serta Instansi Penerbangan serta Antariksa Nasional (LAPAN).

Sertifikasi
Drone Elang Hitam sudah memperoleh Sertifikat Type dari Indonesia Military Airworthiness Authority (IMAA).

Kecepatan
Elang Hitam mempunyai panjang 8,3 mtr. serta bentangan sayap 16 mtr. dengan kekuatan take off serta landing seputar 700 mtr. dengan kekuatan terbang pada ketinggian 20.000 feet.

Kecepatan maksimal drone ini dapat capai 235 km /jam dengan lama terbang seputar 30 jam.

Intelejen
Pemakaian drone ini dilaksanakan untuk memberikan dukungan aktivitas intelijen, pemantauan, pengintaian serta penargetan (Intelligence, Surveyllance, Reconnaissance and Sasaraning).

Peranan Drone MALE dapat dimaksimalkan untuk keperluan surveyllance serta sasaran acquisition yang bisa dipersenjatai dengan kekuatan short take off landing, maksimal endurance yakni sampai 30 jam sasarannya.

Menjaga Kedaulatan Indonesia
Sesudah mengudara, drone ini diinginkan bisa menolong jaga kedaulatan NKRI, mengingat keperluan pemantauan pada udara lagi makin bertambah bersamaan dengan bertambahnya teror wilayah tepian, terorisme, penyelundupan, pembajakan, dan perampokan sumber daya alam seperti ilegal logging serta ilegal fishing.

You May Also Like

About the Author: admin